1. Persiapan 5R : 7. Aktivitas Kelompok Kecil

Adalah kelompok yang biasanya terdiri dari atas lima sampai sepuluh orang karyawan di tempat kerja. Kegiatan kelompok kecil di tempat kerja adalah untuk memecahkan masalah di tempat kerjanya. Dipimpin oleh seorang Promotor/Leader dengan jabatan setara Manajer/Supervisor.

Wilayah tanggung jawab Promotor/Leader mencakup seluruh area dari masing-masing anggota termasuk area kerja Promotor/Leader tersebut. Tidak diperkenankan adanya area "abu-abu" atau area di dalam kelompok yang tidak ada penanggung jawabnya. Apabila ada area kelompok yang merupakan area umum, maka area tersebut menjadi tanggung jawab Promotor/Leader. (Gambar 7.1)

Setiap anggota memiliki wilayah tanggung jawabnya sendiri, tidak diperkenankan di dalam waktu kerja yang sama untuk satu area kerja memiliki dua orang penanggung jawab, apabila terjadi demikian maka sebaiknya area tanggung jawabnya dibagi sesuai dengan jumlah anggota yang bekerja di area tersebut. (Gambar 7.2)

Untuk area kerja dengan waktu pekerjaan lebih dari satu shift kerja, maka pembagian wilayah masing-masing anggota antar shift adalah sama. (Gambar 1.7.3)

Apabila di setiap shift terdapat lebih dari seorang anggota, maka pembagiannya seperti dalam Gambar 1.7.4 dan Gambar 1.7.5.

Pada keadaan tertentu yang memungkinkan pengaturan shift kerja menjadi 4 grup kerja dalam 3 shift, maka pembagiannya menjadi seperti Gambar 1.7.6.

Contoh-contoh dalam gambar berikut ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhannya tanpa mengubah prinsip-prinsip yang telah dijelaskan diatas.

AKK - Normal Shift
Gambar 1.7.1 : AKK - Normal Shift.

AKK - Normal Shift 3 Sub Area
Gambar 1.7.2 : AKK - Normal Shift 3 Sub Area.

AKK - 3 Shift 1 Sub Area
Gambar 1.7.3 : AKK - 3 Shift 1 Sub Area.

AKK - 3 Shift 2 Sub Area
Gambar 1.7.4 : AKK - 3 Shift 2 Sub Area.

AKK - 3 Shift 3 Sub Area
Gambar 1.7.5 : AKK - 3 Shift 3 Sub Area.

AKK - 3 Shift 3 Sub Area 4 Grup Kerja
Gambar 1.7.6 : AKK - 3 Shift 3 Sub Area 4 Grup Kerja.

AKK - Normal Shift 4 Sub Area (Turunan dari AKK Divisi)
Gambar 1.7.7 : Contoh AKK Departemen - Normal Shift 4 Sub Area.

AKK - Normal Shift 7 Sub Area (Turunan dari AKK Departemen)
Gambar 1.7.8 : Contoh AKK Proses - Normal Shift 7 Sub Area.

AKK - Normal Shift 7 Sub Area (Turunan dari AKK Departemen)
Gambar 1.7.9 : Berbagai Aplikasi AKK.