1. Persiapan 5R : 4. Organisasi Penerapan

Struktur adalah cara sesuatu disusun atau dibangun. Organisasi adalah suatu wadah berkumpulnya minimal dua orang untuk mencapai suatu tujuan.

Struktur Organisasi adalah Suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian baik secara posisi maupun tugas yang ada pada perusahaaan dalam menjalin kegiatan operasional untuk mencapai tujuan, bagaimana pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan secara formal.

Struktur Organisasi penerapan merupakan syarat mutlak perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Di dalam penerapan 5R ini tidak membentuk sebuah Organisasi baru yang terpisah melainkan menyatu dalam organisasi perusahaan yang ada. Mengapa demikian?

5R adalah bagian dari pekerjaan bukan tambahan pekerjaan oleh sebab itu organisasinya pun harus menyatu dengan organisasi perusahaan.

Pada umumnya hirarki atau Struktur Organisasi yang sederhana terdiri dari tiga tingkatan dengan satu Komite 5R yang bertindak sebagai asisten dari Pimpinan tertinggi :
  1. Direktur/General Manager/Plant Manager/Factory Manager
  2. Promotor : Karyawan setingkat Manajer
  3. Facilitator : Karyawan setingkat Supervisor
Struktur Organisasi Perusahaan
Gambar 1.4.1 : Contoh Struktur Organisasi Perusahaan.

Komite 5R : Dalam rangka memajukan penerapan 5R di perusahaan, Organisasi ini harus selalu ada. Organisasi ini dijalankan oleh beberapa orang dari para pucuk pimpinan, sebaiknya melibatkan sebagian dari tim perusahaan yang paling senior juga karyawan pabrik senior dan beroperasi mencakup seluruh wilayah perusahaan.

Tugas-tugas dari Komite 5R dalam membantu manajemen adalah sbb :
  • Menyediakan sarana promosi kegiatan 5R
  • Memfasilitasi kegiatan pelatihan bagi Karyawan
  • Kordinator TPS di dalam penerapan Ringkas
  • Membuat standarisasi dari kegiatan 5R
  • Mengkordinasikan kegiatan Audit 5R
  • Menginformasikan kepada Manajemen dan seluruh Karyawan mengenai perkembangan dari penerapan 5R di Perusahaan
Organisasi Komite 5R
Gambar 1.4.2 : Contoh Struktur Organisasi Komite 5R.