Pedoman Standar Rambu Keselamatan di Tempat Kerja (1/15)

APAKAH TEMPAT KERJA KITA MEMILIKI STANDAR RAMBU KESEHATAN & KESELAMATAN KERJA?

Definisi :
Rambu-rambu keselamatan adalah peralatan yang bermanfaat untuk membantu melindungi kesehatan dan keselamatan para karyawan dan pengunjung yang sedang berada di tempat kerja.

Rambu-rambu keselamatan berguna untuk:
  • Menarik perhatian terhadap adanya bahaya kesehatan dan keselamatan kerja
  • Menunjukkan adanya potensi bahaya yang mungkin tidak terlihat
  • Menyediakan informasi umum dan memberikan pengarahan
  • Mengingatkan para karyawan dimana harus menggunakan peralatan perlindungan diri
  • Mengindikasikan dimana peralatan darurat keselamatan berada
  • Memberikan peringatan waspada terhadap beberapa tindakan yang atau perilaku yang tidak diperbolehkan
Warna yang menarik perhatian dapat juga digunakan untuk keperluan lainnya yang menyangkut keselamatan. Misalnya, warna untuk mengindikasikan isi aliran pipa dan bahaya yang terkandung di dalamnya.
Pemilihan warna juga menuntut perhatian terhadap kemungkinan keadaan bahaya yang menyebabkan celaka. Misalnya, potensi akan adanya bahaya dikomunikasikan dengan warna kuning.
Bilamana karyawan menyadari akan adanya bahaya di sekelilingnya, kemudian melakukan tindakan pencegahan dini, sehingga kemungkinan terjadinya kecelakaan, luka, cacat atau kehilangan yang lainnya dapat diminimalisir.
Bagaimanapun juga, manfaat dari rambu-rambu keselamatan adalah memberikan sikap waspada akan adanya bahaya, tetapi tidak dapat mengeliminasi atau mengurangi bahaya tersebut pada saatnya terjadi.
Panduan ini akan membantu Anda, sebagai pemberi kerja, supervisor, komite maupun anggota dari penyelenggara kesehatan & keselamatan kerja di perusahaan, untuk dapat menggunakannya secara efektif dalam menerapkan rambu-rambu keselamatan di tempat kerja.