Bogus Engineer

Bogus Engineer

Engineer yang satu ini di dalam aktivitas pekerjaan kesehariannya hampir selalu berada di shopfloor. Merasa bosan dengan pekerjaannya yang monotone (membosankan, itu-itu saja). Juga merasa kemampuannya tidak berkembang dan karirnya mentok di ujung jalan buntu.

Ia sangat sibuk bahkan dari hari ke hari semakin sibuk. Banyak masalah di pekerjaannya yang semakin bertambah, tidak cukup waktu sehingga waktu kerja normal pun dirasakan tidak cukup. Akibatnya ia menjadi sering pulang larut atau berangkat kerja lebih pagi. Tidak tahu lagi harus berbuat apa? Merasa dirinya sebagai korban dari masalah-masalah yang dihadapinya, menjadi obyek penderita. Terperangkap di dalam rutinitas pekerjaan kesehariannya. Engineer seperti ini saya kelompokkan ke dalam klasifikasi orang yang tenggelam di dalam kesibukan namun tidak menghasilkan disebut Bogus Engineer atau Insinyur Palsu.

Ia seorang Trouble Shooter, sibuk dalam menanggulangi masalah namun masalah tersebut masih berulang kali muncul. Adalah ciri-ciri seseorang yang tidak menuntaskan masalah hingga ke sumbernya. Penyelesaian masalah selalu bersifat sementara. Tindakannya berhenti di tindakan korektif karena kesibukan lainnya menyebabkan ia merasa tidak cukup waktu untuk menuntaskannya. Misalnya ada kebocoran, sementara ditampung dengan ember. Tidak ditambal dan tidak dilanjutkan dengan mencari permasalahan hingga ke sumber penyebab kebocoran tersebut. Bagaimana mencegah terjadinya kebororan tersebut? Bagaimana caranya agar terdeteksi sebelum terjadi kebocoran? Sehingga "Zero Kebocoran" dapat tercapai. Apakah Anda memiliki contoh kejadian serupa dengan ini?


Sebaliknya dari seorang Trouble Shooter ini saya sebut sebagai Problem Solver, ia berperan aktif sebagai subyek pelaku, seseorang yang menyelesaikan masalah secara tuntas hingga ke akar permasalahannya, mengendalikan dan memastikan masalah tersebut tidak akan berulang. Kemampuan memecahkan masalahnya semakin baik dan ia memiliki banyak waktu untuk berbagi pengalamannya. Seorang Problem Solver ini adalah sikap dari The Real Shopfloor Engineer atau KAIZEN Engineer.

“Insanity: doing the same thing over and over again and expecting different results”
Albert Einstein