2. Pengenalan 5R : 2. Program Pelatihan

Program pelatihan In-House diperlukan untuk menjawab pertanyaan pertama yang muncul dari setiap karyawan, "Apa itu 5R?" Juga diperlukan untuk mengajarkan bahwa 5R adalah penting untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan di masa yang akan datang.

Salah satu cara yang terpenting untuk menjaga para karyawan termotivasi dan antusias dalam bekerja adalah dengan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan yang terus-menerus. Diperlukan pengamatan dengan cermat untuk memastikan bahwa setiap karyawan mendapatkan informasi terkini dari pelatihan yang diselenggarakan.

Pelatihan 5R ini sebaiknya diselenggarakan di area yang tidak jauh dari area kerja. Di dalamnya adakan sesi kunjungan ke tempat kerja supaya bisa mendapatkan contoh nyata dan langsung segera mensimulasikan konsep yang telah diberikan di dalam pelatihan ini.

Disain program pelatihan 5R untuk seluruh karyawan dengan penyelenggaraan yang disesuaikan dengan tingkatan peran dan tanggung jawab karyawan di dalam organisasinya. Apabila menghadapi kendala dalam menetapkan para pelatih/pengajar 5R ini, penyelenggaraan pelatihan ini bisa menggunakan jasa penyedia pelatihan 5R atau konsultan 5R dengan disain program yang telah disesuaikan pada industri dan bisnis yang dijalankan.

Gambar 2.2 : Rencana Program Pelatihan 5R.

Garis Besar Materi Pelatihan 5R :