MURA 斑 - Tidak merata atau tidak teratur


MURA - Tidak merata atau tidak teratur


MURA, terminologi umum bahasa Jepang yang berarti tidak merata, ketimpangan, keragaman, tidak konsisten terhadap zat material atau keadaan rohani manusia.

"MURA dihindari dengan sistim Just In Time yang berdasarkan proses tanpa persediaan atau sedikit".

Beban kerja tidak merata adalah MURA Caranya: Menyuplai proses produksi dengan barang yang benar, pada saat yang tepat, dalam jumlah yang benar dan aliran barang yang First In First Out (FIFO).

Sistim Just In Time menciptakan “sistim tarik” dimana masing-masing sub-proses menarik keperluannya dari sub-proses sebelumnya hingga pada akhirnya menarik barang dari pemasok luar.

Jika proses sebelumnya tidak mendapatkan permintaan atau melakukan penarikan maka barang tidak akan diproduksi secara berlebihan.

Sistem sejenis ini dirancang untuk memaksimalkan produktivitas dengan cara meminimalkan beban penyimpanan. Seperti gambaran rangkaian proses berikut ini:
  1. Jalur Pengepakan “membuat permintaan ke” atau “menarik material dari” Proses Penjahitan yang menarik dari Bagian Pemotongan Kain.
  2. Bagian Pemotongan Kain menarik dari Proses Pembuatan Pola Potongan.
  3. Pada saat yang sama, permintaan sedang dilakukan ke pemasok untuk bagian-bagian spesifik seperti kancing, label, kemasan untuk pakaian yang sudah dipesan oleh Pelanggan,
  4. Sedikit persediaan (Buffer) untuk menjaga terjadinya fluktuasi kecil agar proses terus-menerus mengalir.
"Jika didalam suatu proses ditemukan komponen atau material cacat, pendekatan Just In Time ini memerlukan identifikasi terhadap masalah dan perbaikan yang segera".

"I see tremendous imbalance in the world. A very uneven playing field, which has gotten tilted very badly. I consider it unstable. At the same time, I don't exactly see what is going to reverse it." - George Soros