KAIZEN 5R : RESIK

RESIK

Sasaran dari membersihan adalah mengenali penyimpangan sejak dini kemudian melakukan tindakan improvement. Hal ini dapat dicapai melalui kombinasi antara pembersihan tempat kerja sekaligus fokus pada identifikasi penyimpangan/kondisi di luar batas kendali.

Resik

Disiplin: Sambil membersihkan turut memeriksa.
KAIZEN: Selalu berupaya untuk mencegah sumber kotor.
Sasaran Akhir: Mencapai ”Ø” Kerusakan (”zero” breakdown).

MANFAAT RESIK

Pada umumnya manfaat dari RESIK adalah telah ditetapkannya standar kebersihan untuk masa depan, mempelajari bagaimana cara melakukan pembersihan dan antusiame karyawan menjadi lebih tinggi, terutama jika para manajer turut serta mengambil bagian pada kegiatan kebersihan. Misalnya; peningkatan produktivitas dapat tercapai karena waktu yang digunakan untuk kegiatan membersihkan menjadi lebih singkat dengan mutu kebersihan yang lebih baik. Tempat kerja lebih bersih dan lingkungan kerja lebih cerah dan pemantapan karyawan melalui tanggung jawab/rasa memiliki. Peluang lebih lanjut untuk meningkatkan produktivitas dengan menerapkan Autonomous Maintenance.

Manfaat-manfaat lain dari kegiatan RESIK :
  • Lingkungan yang lebih aman, nyaman dan sehat
  • Pengurangan waktu downtime untuk memperbaiki sejak mesin diperiksa secara singkat dan teratur, juga downtime karena berkurangnya penumpukan kotoran di mesin
  • Antusiasme operator menjadi lebih tinggi, lebih percaya diri dan bangga terhadap area kerjanya yang rapih dan bersih
  • Kesan yang baik di mata Pelanggan
  • Menjadikan kualitas hidup yang lebih baik