2. Pengenalan 5R

Sasaran : Mempromosikan penerapan 5R di tempat kerja
Kunci : Promosi & Kick-Off
Program Pelatihan

Daftar Area Kritis
Tahap yang kedua dari Persiapan Penerapan 5R ini adalah ketika Anda siap untuk memulai dengan sungguh-sungguh Penerapan 5R di tempat kerja Anda.

Memulai Penerapan 5R
Di langkah-1 (Persiapan 5R), Anda mempersiapkan diri di belakang layar sebelum terjun ke area kerja berhadapan langsung dengan para karyawan. Mengetahui kondisi saat ini di perusahaan. Anda sudah menyiapkan pembagian zona tanggung jawab berupa suatu denah dari keseluruhan tempat kerja dan membaginya ke dalam wilayah spesifik, kemudian menentukan zona tanggung jawab dari Aktivitas Kelompok Kecil (AKK).

Setelah melakukan dua hal tersebut, berarti Anda sudah memulai program Penerapan 5R dan menyelesaikan seluruh pekerjaan administrasi dalam persiapan penerapan 5R. Selanjutnya di langkah-2 ini, Anda mempersiapkan diri untuk terjun langsung meluncurkan program penerapan 5R.

Di tahapan ini Anda diharapkan untuk memusatkan perhatiannya lebih mendalam ke masing-masing area penerapan. Rentang waktu untuk melakukan langkah ini seharusnya telah dibuatkan jadwal rencana penerapan Anda yang merupakan bagian dari Rencana Induk.

Gambar 2 : Rencana Pengenalan 5R.

Untuk mengetahui lebih dalam keadaan tempat kerja saat ini Anda harus:
  • Menyiapkan Standar Penerapan 5R dalam bentuk Lembar Kriteria Audit
Untuk memulai langkah pengenalan ini, silahkan menggunakan lembar kriteria audit yang telah disediakan. Namun akan lebih baik jika Anda segera menciptakan sendiri lembar kriteria audit untuk masing-masing wilayah yang ada.
  • Sebelum kegiatan Kick-Off 5R, Merekam kondisi saat ini di setiap area AKK dengan memotretnya atau mendokumentasikan dalam bentuk video pada bagian-bagian yang spesifik. Selanjutnya untuk melihat kemajuannya dengan membandingkan kondisi sebelum penerapan 5R, pada saat penerapan 5R dan sesudah menjadi standar 5R di perusahaan.
Walau bagaimanapun, sebelum Anda memulai langkah-2 ini sangatlah perlu untuk memikirkan tentang proses pemecahan masalah perusahaan yang saat ini dihadapi. Semua alat bantu yang ada di dalam langkah ini mungkin saja dapat digantikan dengan formulir-formulir yang sudah ada di perusahaan Anda, atau dapat dijadikan sebagai alternatif dari yang sudah ada di tempat Anda bekerja, mungkin juga dapat mengintegrasikannya dengan alat bantu yang ada disini. Saya tidak ingin menggantikan aktivitas memecahkan masalah Anda, tujuan sebenarnya adalah hanya menemukan suatu cara untuk memusatkan perhatian pada masalah-masalah yang ada.

2.1 Promosi & Kick-Off
2.2 Program Pelatihan
2.3 Diagnosa 5R
2.4 Foto Identifikasi Masalah
2.5 Daftar Area Kritis
2.6 Visual Fotografi
2.7 Informasi Kegiatan 5R