1. Persiapan 5R : 8. Rencana Induk Penerapan

Penerapan 5R adalah kegiatan seumur hidup, untuk kepentingan organisasi perusahaan sebaiknya menjadwalkan rencana induk kegiatan penerapan 5R ini setiap tahun.

Lembar Rencana Induk Penerapan 5R ini membantu Anda dalam menetapkan langkah-langkah mana yang harus didahulukan. Juga untuk menghindari loncatan langkah dimana langkah sebelumnya belum terselesaikan kemudian sudah menjalankan langkah berikutnya.


Rencana Induk Penerapan 5R
Gambar 1.8.1 : Contoh Rencana Induk Penerapan 5R.

Anda juga perlu menuliskan kegiatan-kegiatan mana yang memerlukan keputusan seperti Label Merah. Pada bidang waktu yang Anda rencanakan berapa lama waktu dibutuhkan, kapan dimulai hingga akhir waktu penyelesaian kegiatan, apakah ada kegiatan yang tumpang tindih? Selanjutnya tetapkan Penanggung Jawab (Person In Charge - PIC) di setiap kegiatan yang telah direncanakan. Pada akhirnya lakukan pengesahan dari rencana yang telah dbuat kemudian lekatkan di papan kegiatan komite penerapan 5R supaya tim juga dapat memantau status penerapan ini dan mengambil tindakan apabila terjadi penyimpangan dalam pelaksanaannya.