Petunjuk Kunjungan ke Perusahaan penerap 5R (Studi Visit)

Studi Visit adalah suatu pendekatan tersusun untuk mengidentifikasi suatu proses berkelas dunia, selanjutnya mengumpulkan informasi yang relevan untuk diterapkan di dalam organisasi Anda dengan tujuan untuk meningkatkan suatu proses yang serupa.

Petunjuk kunjungan ke Perusahaan penerap 5R (Studi Visit)


  1. Fokus dan Spesifik, menjelaskan apa yang ingin dipelajari atau ditingkatkan di dalam organisasi Anda. Anda boleh saja ingin meningkatkan seluruh proses administrasi operasional di perusahaan Anda, namun Anda juga diperbolehkan hanya ingin melihat secara rinci misalnya bagaimana suatu perusahaan di tempat Studi Visit dapat menjaga atau mempertahankan konsistensi penerapan 5R.
  2. Berbagi. Identifikasikanlah suatu area yang mungkin menurut Anda unggul dalam suatu bidang di organisasi Anda, jika memungkinkan tawarkan peluang untuk Studi Visit kepadanya. Sesuatu yang Anda ingin bagikan kepada perusahaan yang Anda kunjungi.
  3. Sama-sama menguntungkan, Cobalah untuk menciptakan suatu pengalaman sama-sama menguntungkan. Identifikasikanlah apa yang mungkin bermanfaat bagi perusahaan yang Anda kunjungi. Tawarkanlah sesuatu bahwa Anda menyampaikannya secara tulus.
  4. Kenali tuan rumah. Pastikanlah bahwa tim Studi Visit sudah mengenali, familiar dengan beberapa aspek terkait di perusahaan yang akan dikunjungi (apa yang dihasilkannya atau produk yang dijual, skala perusahaan, dll.).
  5. Kirimkan pertanyaan pendahuluan, dengan Fax atau e-mail kepada orang yang ditunjuk mengenai hal-hal berupa pertanyaan spesifik sebelum kunjungan Studi Visit dilaksanakan.
  6. Hormati privasi tuan rumah. Jika beberapa informasi merupakan hak milik, property atau paten yang tidak bisa diberikan, maka hormatilah keadaan itu dan lanjutkan kepada kegiatan berikutnya.
  7. Berpakaian sewajarnya dengan memastikan, mendiskusikan pakaian yang akan dikenakan pada saat kunjungan nanti. Pada umumnya perusahaan mensyaratkan pakaian yang dikenakan berkaitan dengan safety atau cukup berpakaian secara bisnis casual. Namun pastikanlah Anda berpakaian sewajarnya, sopan dan tidak terlalu santai atau terbuka.
  8. Buatlah catatan terhadap hal baik apa yang didapat dari proses Studi Visit ini.
  9. Ucapkan banyak “terima kasih. Tunjukkanlah apresiasi Anda kepada tuan rumah yang dikunjungi sebagai tempat Studi Visit. Pertimbangkanlah untuk memberikan tanda mata yang unik kepada orang-orang yang Anda kunjungi.
  10. Tindak lanjut dengan mengirim surat kepada perusahaan yang telah Anda kunjungi mengenai detil apa yang sangat menolong Anda. Sekali lagi, ucapkan terima kasih dan menawarkan kepada mereka Studi Visit di tempat Anda di masa mendatang.