Warna-warni Ikon 5R

1. RINGKAS

Warna : Merah - Putih
Simbol : "Red Tagging"
Dampak : "Zero Waste"

Makna : Didalam penerapan ini mengunakan alat bantu kendali visual Label Merah sebagai penanda untuk item yang perlu mendapatkan perhatian untuk segera diputuskan apakah diperlukan atau disingkirkan?.

2. R A P I

Warna : Hijau – Putih
Simbol : "Shadowmarks"
Dampak : "Zero Delay"

Makna : Penandaan untuk item yang diperlukan dengan tiga prinsip “Apa?, Dimana? & Berapa Banyak?” Item tertentu di Lokasi tertentu dengan Jumlah tertentu. Biasanya warna ini diterapkan sebagai warna latar dari tempat peralatan, warna mesin, warna label identifikasi dan dominasi warna lantai di Pabrik, Wilayah Kerja Produksi adalah Hijau. Warna hijau adalah warna cerah yang dibaratkan sebagai lahan penghijauan. ladang atau rumput.

3. RESIK

Warna : Kuning – Hitam
Simbol : "Cleaning with Meaning"
Dampak : "Zero Waste"

Makna : “Membersihkan adalah Memeriksa”, penggunaan warna kontras Kuning berarti memperhatikan atau PERHATIAN terhadap kondisi peralatan/mesin yang dapat mengakibatkan kerusakan sarana kerja tersebut. Juga diterapkannya Kartu Kuning yang dikeluarkan oleh Operator kepada Bagian Perawatan terhadap Mesin atau Peralatannya sebelum menjadi rusak/gejala/dicurigai ada yang abnormal/menyimpang.

4. RAWAT

Warna : Biru– Putih
Simbol : "Standardization"
Dampak : "Zero Defect"

Makna : Warna standar mutu yang biasa dikenal adalah Biru. Tiga buah arsip untuk Standar. RINGKAS (Arsip Merah), RAPI (Arsip Hijau), RESIK (Arsip Kuning) yang menyatu dalam IK (Instruksi Kerja 5R). Tanda Centang berarti telah menjalankan proses Audit yang berkesinambungan. Tiga buah arsip dengan posisi bertingkat juga berarti telah melalui proses Audit Mandiri – Manajer – Pimpinan Puncak atau Perunggu - Perak -Emas.

5. RAJIN

Warna : Putih– Hitam
Simbol : "Self Discipline"
Dampak : "Zero Loss Hour"

Makna : Grafik yang naik turun adalah Proses Improvement berkesinambungan (KaiZen). Seorang Operator yang sedang mengoperasikan Mesinnya. Putih adalah warna yang murni dimana sebagai sasaran akhir dari penerapan 5R adalah Karyawan yang berdisiplin diri. Juga menjadi tantangan dan pembuktian bagi para Karyawan yang berdisiplin diri adalah warna Putih. Misalnya warna puith digunakan pada: seragam (Topi/Helmet, Pakaian, Sarung Tangan, Sepatu/Alas Kaki) Operator, Teknisi Perawatan, Petugas Kebersihan, Warna Ban Forklift di dalam Pabrik, Warna Meja, Lemari, Rak dan Sarana Kerja lainnya, Warna Lantai Bengkel, dll.